Berbagai pilihan terbaik dan termurah buat atap rumah

Berbagai pilihan yang kualitas terbaik, termurah buat atap selalu menjadi pertimbangan utama bagi mereka atau pengembang perumahan ketika sedang membangun atau renovasi rumah atau gedung.
Atap baja ringan, spandek, seng, galvalum, zincalum, asbes, onduline, genteng metal dan berbagai material lainnya yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing bahan.



Harga dari setiap material masing-masing berdeda tergantung kualitasnya juga dengan jenis yang sama. Untuk produk atap seperti seng, acrylic, galvalum dan sebagainya dijual dalam bentuk lembaran. Sedangkan genteng, sirap, kaca dihitung perbuah. Biasanya sudah di paket dalam kotak seperti satu kotak terdiri 12 buah ada juga 24 dll.
Atap Gogreen juga sudah mulai populer saat ini. Atap yang lebih tebal dari plastik atau fiber lainnya yang anti karat, bebas dari bahan berbahaya atau racun dan melindungi dari UV sehingga menjadi salah satu pilihan yang populer saat ini.

Pada sebuah rumah atau bangunan atap merupakan unsur yang sangat penting. Atap merupakan pelindung utama untuk seluruh bangunan yang ada dibawahnya. Untuk itu atap harus memenuhi konstruksi yang kuat dan sesuai dengan beberapa persyaratan untuk suatu bangunan.
Pemilihan material yang digunakan harus sesuai dengan peruntukan masing-masing jenis bangunan.

Perkembangan teknologi pembuatan atap saat ini jua semakin maju dengan munculnya dipasaran berbagi jenis bahan yang lebih kuat dan tahan lama dengan harga yang sangat kompetitif dari harga atap sebelumnya. Mungkin atap seng adalah paling lama telah digunakan untuk perumahan. Kelemahan seng adalah berkarat sehingga perlu pengecatan secara berkala dan juga panas yang diterima bagian bawah bangunan. Selanjutnya digunakan seng asbes agar dapat menahan panas tapi kelemahannya adalah mudah pecah.
Atap sirap telah lama dipakai selain tahan terhadap panas juga kuat dan tahan lama, begitu juga dengan atap yang terbuat dari genteng.

Sesuai dengan fungsinya atap juga dengan bahan material tertentu dapat digunakan. Sebagai contoh atap untuk pabrik sering digunakan atap yang terbuat dari spandek, galvanis atau zincalum yang gelombang. Untuk menahan panas digunakan insulator seperti glasswool sehingga panas tidak merambat ke dalam gedung. Dengan demikian orang di dalam gedung atau pabrik tersebut nyaman untuk bekerja. Ketebalan atap galvanis atau zincalum seperti 0.45 mm, 0.35mm paling sering dipakai.
Bitumen onduline adalah atap gelombang juga banyak digunakan  atap atau dinding pada bangunan pabrik. Keunggulan atap ini juga tahan terhadap perubahan cuaca.

Beda lagi halnya kalau atap untuk canopy ataupun tenda bahan yang digunakan seperti terbuat dari PVC, Polycarbonate,  acrylic atau fiber dan lebih fleksibel dalam penggunaannya seperti dapat buka tutup. Sama juga halnya penggunaan untuk carpot untuk melindungi kendaraan dari panas matahari. Bahan yang digunakan juga waterproofing atau menggunakan seng warna, vinyl dan upvc.

Hal yang berbeda yang dipakai untuk atap jemuran. Biasanya dipakai atap plastik transparan atau terbuat dari bahan kaca agar tembus cahaya. Dengan demikian pakaian yang dijemur akan lebih cepat kering.
Atap transparan juga diperlukan untuk atap rumah pada bagian-bagian tertentu agar tembus cahaya. Tujuannya agar cahaya yang cukup masuk kedalam rumah agar tidak terlalu gelap seperti pada dapur, kamar mandi dan sebagainya.



Semua jenis atap juga perlu perawatan, mencek atau mengontrol bagian-bagian atap yang telah mengalami kerusakan, kebocoran melakukan pengecatan dan sebagainya. Kerusakan pada atap akan mempengaruhi bagian-bagian lain pada bangunan dan struktur rumah itu sendiri.
Melakukan perbaikan atap dilakukan oleh tukang yang berpengalaman jika anda tidak dapat lagi melakukan sendiri perbaikan itu. Perbaikan atap juga melibatkan bahaya jika tidak hati-hati dalam melakukannya. Jika luas bangunan itu luas maka ada jasa kontraktor untuk malakukannya.

Atap merupakan salah satu investasi yang mahal dan terpenting pada sebuah rumah. Jika anda sedang melakukan pembangunan rumah, gedung maka memilih bahan yang paling sesuai dan berkualitas haruslah anda pertimbangkan sebelum membeli. Anda tentu tidak mau selalu direpotkan dengan perbaikan atap yang bocor, karatan dan sebagainya dalam rumah.
Umur atap yang baik rata-rata seharusnya tahan sampai tiga puluh tahun dengan bahan yang berkualitas.

Baca juga Kelebihan dan kekurangan atap seng

2 comments:

  1. Harga atap di Jakarta kira-kira berapa gan...? dan juga yang termurah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga atap tersebut cukup bervariasi termasuk di Jakarta dan sewaktu-waktu mengalami kenaikan

      Delete