Kelebihan atap polycarbonate

Produk atap polycarbonate mempunyai kelebihan dengan atap konvensional lainnya sehingga jenis atap ini juga sudah mulai banyak digunakan sebagai pengganti atap yang umum dipakai.
Keunggulan atap ini dapat meneruskan sinar matahari tergantung warna yang dipilih, tidak berkarat, tidak mudah bocor kecuali salah dalam pemasangan, mudah dalam pemasangan.

Instalasi cukup mudah hampir sama dengan atap biasa, bahan ini juga cukup ringan sehingga tidak akan memberikan tekanan yang besar kepada kerangka atap. Atap ini juga dapat dipotong sesuai dengan yang diinginkan pada atap jika ukuran tertentu pada atap seperti pada sudut-sudut bangunan. Selain itu juga mudah di fabrikasi lain seperti di bor.
Material ini juga tahan lama dan lebih kuat dari fiberglass biasa, Variasi warna  bentuk dan warna juga dapat dipilih sesuai dengan keinginan.
Perlu diketahui bahwa bahan ini ramah lingkungan artinya dapat di daur ulang. Perawatannya juga bisa dibilang sederhana cukup dengan membersihkan.



Bahan ini dengan mudah didapatkan di pasaran, cepat dalam pemasangan, bebas dari rayap dan tentu saja kedap air. Karena berbentuk lembaran dan bentuk yang dapat disesuaikan sehingga tidak ada sambungan dalam pemasangan.

Karena sifatnya yang transparan atau meneruskan cahaya maka banyak digunakan untuk kanopi, atap untuk jemuran, atap untuk pabrik dan dipakai sebagian untuk rumah pada dapur dan kamar mandi agar meneruskan cahaya pada bagian tertentu pada rumah seperti kamar mandi dan dapur.
Bahan ini juga termasuk kedap suara, jika hujan turun suara tidak terlalu berisik bila dibandingkan dengan seng.

Umumnya bahan untuk atap ini dijual dalam bentuk lembaran umumnya ukuran yang biasa adalah dengan 18 meter dan lebar 2 meter. Selain itu ada juga yang dijual dalam meter persegi. Ketebalan yang tersedia adalah 6 sampai 10 milimeter. Pengguna dapat menyesuaikan dengan kebutuhan yang mereka inginkan.
Keuntungan lain dari bahan ini tidak terpengaruh dengan perubahan cuaca  seperti panas dan dingin, ukurannya tetap stabil.
Bentuk dan ukurannya juga dapat disesuaikan seperti melengkung dan datar.

Banyak juga bahan dari polycarbonate yang ada dipasaran mutunya kurang bagus. Hal ini dapat dilakukan dengan menekan bagian polycarbonate tersebut. Jika ditekan bentuknya berpengaruh seperti ponyok maka kualitas bahan tersebut kurang bagus.



Selain banyak memberi keuntungan juga mempunyai kelemahan seperti harganya yang mahal bila dibanding dengan material konvensional. Potonngan-potongan bisa digabung dengan atap konvensional biasa sehingga bagian yang tersisa juga masih bisa digunakan. Umumnya potongan-potongan tersebut masih digunakan untuk tambahan bangunan seperti kanopi, carport, garasi dan sebagainya..
Bagaimanapun juga teknologi untuk bahan untuk atap terus berkembang, selalu dicari bahan yang lebih kuat, ringan dan harganya kompetitif dengan bahan sebelumnya dan salah satu bahan atap seberi polycarbonate tersebut

No comments:

Post a Comment