Genteng yang cocok untuk rangka atap baja ringan

Salah satu genteng yang cocok untuk rangka atap baja ringan adalah genteng metal.  Atap ini bisa sangat tahan lama dan tergantung kepada bahan dan ketebalam material. Bahan ini tahan terhadap noda dan jamur, tidak mudah bocor dan juga tidak berkarat dan tahan terhadap hembusan angin.
Bagaimanapun juga atap jenis metal ini harus dilakukan pengujian dengan standard yang berlaku untuk menjamin kualitasnya.

Pemasangan dengan genteng metal cukup mudah dan hampir sama dengan genteng tanah liat, sehingga dengan rangka atap baja ringan sangat cocok sehingga menambah kekuatan atap dan rangka atap secara keseluruhan.
Teknologi yang dipakai terus berkembang dan bahan yang paling umum digunakan adalah baja galvanis dimana bahan baja dilapisi dengan metal zincalume.



Harga genteng metal juga bervariasi dipasaran, tergantung jenis dan kualitas bahan yang digunakan dan daerah pemasaran. Begitu juga dengan biaya instalasi atau pemasangan. Pilihan yang ditawarkan juga bisa berbagai desain dan warna sehingga bisa mempengaruhi harga. Ukuran juga bisa bermacam-macam sesuai dengan desain masing-masing produsen genteng metal tersebut. Hanya saja yang perlu anda pastikan adalah berapa luas atap anda, sehingga dengan mudah akan ditentukan berapa banyak genteng metal yang diperlukan.

Pemilihan dengan genteng metal adalah bahan tersebut tidak akan berisik ketika ada hujan dibanding dengan logam lainnya seperti seng. Genteng metal juga dibuat bergelombang agar lebih tahan lama.
Keunggulan lain tentunya bahan ini tidak mudah terbakar karena dapat menahan api dengan kerusakan yang minimum.

Sama seperti pemasangan jenis atap lainnya. biaya pemasangan juga harus diperhitungkan. Biaya pemasangan ini juga tergantung kepasa keahlian seseorang dalam melakukan pekerjaannya
Harga genteng metal akan lebih mahal dibanding sirap, aspal, tetapi itu tergantung kepada jenis metal yang digunakan. Ketahanan genteng metal akan lebih lama dari jenis atap lainnya sehingga kebutuhan akan renovasi akan lebih sedikit.

Genteng metal juga dikategorikan bahan yang ramah lingkungan dimana penggunaannya mengurangi zat kimia serta tidak menggunakan bahan seperti kayu yang perlu diinjeksikan bahan pestisida agar kayu tersebut lebih tahan lama.
Bahan dengan genteng metal juga tidak akan mudah pecah, retak, sehingga biaya untuk pemeliharaan bisa dibilang minimal. Hanya saja perlu dilakukan kontrol tahunan seperti sampah dedaunan bila sekitar rumah ada pepohonan dan terutama pada talang atap.



Peningkatan akan pemakaian genteng metal akan terus meningkat sejalan dengan meningkatnya pemakaian rangka atap baja ringan. Hal ini disebabkan salah satu kombinasi yang paling cocok adalah menggunakan genteng metal dengan rangka atap baja ringan sehingga lebih praktis dalam pemakaian jangka panjang.
Bahan dari atap ini banyak digunakan pada rumah, kantor, bangunan pabrik dan sebaganya.

No comments:

Post a Comment