Bahan untuk penyejuk dalam ruangan

Atap rumah merupakan bagian yang mempunyai peranan penting untuk kesejukan dalam rumah. Ini pasti anda hubungkan dengan mesin penyejuk ruangan atau AC. Memang benar penyejuk ruangan juga sangat memperhitungkan seberapa panas ruangan anda. Ini bukan hanya masalah luas ruangan yang diperhitungkan untuk menentukan seberapa besar AC yang dibutuhkan yang biasa dijual dipasaran dalam ukuran PK.



Kondisi ruangan yang akan didinginkan juga sangat berpengaruh. Jika panas dari atap langsung merambat kedalam ruangan maka AC juga akan terus menerus bekerja agar suhu ruangan tercapai seperti yang di set pada remote sehingga compressornya akan bekerja lebih keras apabila kesejukan dalam ruangan belum tercapai. Beda halnya jika ruangan tersebut suhunya stabil karena adanya isolasi atau atap yang dapat menahan panas.

Sebagai contoh yang umum adalah sebuah rumah yang menggnakan atap genteng kemudian langit-langitnya dibuat asbes untuk menahan panas maka dengan demikian AC yang digunakan dalam ruangan atau kamar akan mudah mencapai kesejukan walau panas terik matahari di siang hari. Untuk itu perhitungan akan bahan atap yang digunakan sangat mempengaruhi suhu ruangan yang ada dibawahnya.

Bagaimana dengan ruangan yang besar seperti pergudangan atau tempat-tempat publik seperti aula, gedung olah raga dan sebagainya? Hal ini sebenarnya sama saja dengan penggunaan atap yang digunakan. Untuk pergudangan atau pabrik yang biasa menggunakan atap galvalum dibawahnya biasanya diisolasi dengan 'aluminium foil' untuk mengisolasi panas merambat kedalam ruangan.
Penggunaan ventilasi pada atap juga sering digunakan seperti atau ventilator atap atau yang dikenal juga dengan "Turbin ventilator" yang menarik udara dari dalam ruangan dan dibuang keudara.

Harga atap baja ringan di Jakarta seperti kota-kota lain di Indonesia menjadi salah satu pilihan untuk rangka atap diamana harganya juga semakin terjangkau sebagai penggganti rangka kayu. Jika bangunan pabrik atau bangunan-bangunan besar lainnya bisa dipastikan memakai kerangka atap ini. Kerangka atap baja ringan juga dapat menahan beban yang lebih besar dari kayu dengan ketahanan yang lebih besar dari kayu.



Bangunan-bangunan bertingkat seperti kota-kota besar seperti di Jakarta dan kota besar lainnya sudah sangat memperhitungkan penggunaan energi seefisien mungkin. banyak bangunan bertingkat sudah mendesain bangunan mereka agar tidak menggunakan AC tetapi ruangan tetap bisa adem. Salah satu adalah penggunaan atap atau mengarahkan dan memantulkan cahaya matahari agar tidak memanasi ruangan. Selain itu penggunaan tanaman serta pepohonan juga akan sangat membantu untuk mengurangi panas sekitar bangunan.

Bagaimanapun juga penggunaan bahan untuk penyejuk ruangan agar dapat dikurangi semaksimal mungkin. Hal ini berkaitan dengan bahan yang digunakan untuk AC juga merusak lingkungan dan dapat menyebabkan pemanasan global. Walau bahan pengganti AC seperti freon telah ada tapi penggunaan listrik juga cukup boros jika menggunakan AC.

Dengan menggunakan bahan yang ramah lingkungan termasuk bahan untuk atap dan bahan bangunan lainnya semakin populer sekarang ini agar bangunan yang digunakan ramah lingkungan terutama menggunakan energi seefisien mungkin.

No comments:

Post a Comment