Kenapa atap rumah dibuat miring

Pertanyaan yang sederhana kenapa atap rumah dibuat miring. Ada juga atap yang datar seperti atap dak beton, bahkan ada juga yang sangat curam sampai 90 derajat seperti sirap. Selain kemiringan ukuran juga membawa manfaat bagi ketahanan atap agar berlangsung lama dan lebih mudah dalam pemasangan serta perawatan dari atap itu sendiri.
Atap yang datar dapat menyebabkan air akan bertahan lebih lama pada atap sehingga lama kelamaan akan menyebabkan air akan merembes juga dan pada satu saat akan menyebabkan kebocoran.



Bagaimana pula halnya dengan kemiringan yang sangat curam sampai dengan 90 derajat. Sebenarnya ini sangat bagus juga, artinya ait akan dengan sangat cepat mengalir dari atap sehingga hanya sedikit sekali rembesan pada atap sehingga lebih awet. Hanya saja pemasangan atap dengan dengan sudut securam itu membutuhkan keahlian tukang yang khusus sehingga akan meningkatkan biaya pada pemasangannya. Hal yang sama tentu saja dalam perawatannya juga membutuhkan kehati-hatian pada tukang yang akan mengganti jika ada komponen atap yang harus diganti.

Umumnya atap dibuat sedikit miring umumnya antara 10 - 15 derajat sehingga air juga akan cepat menuju talang. Untuk kemiringan seperti ini anda juga yakin untuk melakukan pengecekan akan atap rumah anda dengan seksama untuk mengetahui bagian mana yang akan harus diganti.
Mungkin atap datar membutuhkan jumlah atap yang lebih sekikit dari atap yang miring, tetapi biaya pemasangan juga akan membutuhkan biaya yang lebih tinggi dari atap yang miring sedikit.

Sebagaimana yang diketahui bahwa biaya atap sangat dipengaruhi oleh bahan atap yang digunakan, luas permukaan atap rumah tersebut dan biaya tenaga kerja. Akibat faktor tersebut maka desain atap rumah sangat perlu dipertimbangkan ketika anda akan membangun rumah sehingga anda dengan jelan melihat keuntungan dan kerugiannya.

Untuk atap sedikit miring tersebut anda dapat melakukan inspeksi dua kali dalam setahun untuk memamntau kondisi atap anda tentu saja dengan bahan yang terbaik yang telah menjadi pilihan anda.
Walau demikian sebaik-baiknya atap dengan kemiringan rendah tersebut juga ada kekurangannya.
Bisa dikatakan bahwa biaya penggantian cukup tinggi jika ada kerusakan, kebocoran tetap akan terjadi sehingga membutuhkan inspeksi secara berkala. Anda juga perlu memperhitungkan sistem ventilasi agar cahaya dan udara tetap bersirkulasi dan tentu saja sangat dipengaruhi posisi atau letak rumah.



Yang penting anda harus perhatikan adalah mencari kontraktor atau tukang yang memberikan pemasangan dan perawatan atap rumah anda dengan standart yang prima. Investasi yang anda keluarkan dalam pembangunan atap rumah anda adalah jangka panjang. Jika pengerjaannya memberikan kualitas yang rendah akan menyebabkan renovasi sebelum jangka waktunya dan anda pasti kecewa karena investasi yang telah anda keluarkan cukup banyak

Anda juga perlu mengetahui dasar-dasar pengetahuan tentang atap sehingga anda dengan mudah memberikan instruksi kepada kontraktor atau tukang yang akan memasang sesuai dengan keinginan anda
.

No comments:

Post a Comment