Menghemat dan menghindari kecurangan proyek pengerjaan atap

Untuk menghemat dan menghindari kecurangan dalam memilih kontraktor untuk proyek pengerjaan atap seperti kontraktor baja ringan dalam mengerjakan  rumah sendiri atau perumahan dalam sekala besar seperti untuk bangunan komersial sangatlah penting menghitung secara cermat dan  memilih yang berkualitas karena disinilah sebenarnya kontraktor tersebut diciptakan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan tepat waktu dan kualitas yang baik serta perkiraan biaya yang sewajarnya.

Kecurangan juga sering terjadi dalam proyek termasuk pengerjaan atap. Kecurangan itu bisa terjadi seperti 'mark-up' harga material bangunan, memperbesar besar bangunan dengan memperbesar gambar bangunan yang berbeda dengan dilapangan. Tujuannya agar memperbesar biaya pengerjaan proyek termasuk atap sehingga keuntungan yang diperoleh semakin besar.

Hal ini sering tidak diketahui secara rinci oleh pemilik bangunan atau proyek yang akan dikerjakan oleh kontraktor dan menyerahkannya saja sepenuhnya kepada kontraktor. Belum lagi kualitas material yang digunakan oleh kontraktor dan membuat laporan palsu.
Untuk itu perlu perhitungan yang seksama oleh pemilik bangunan jika melakukan pembangunan atau renovasi termasuk pengerjaan atap.

Untuk proyek yang cukup besar kontraktor juga memberikan 'job'nya kepada masing-masing sub jika pekerjaan itu tidak mungkin mereka garap sendiri dan lebih dikenal dengan subkontraktor.
Biasanya pekerjaan yang lebih spesifik serta bahan yang digunakan juga lebih khusus biasanya diberikan kepada subkontraktor.
Proyek-proyek yang besar contohnya pusat perbelanjaan, rumah sakit, gereja, gudang serta bangunan besar lainnya.

Pengerjaan atap membutuhkan keahlian khusus apalagi untuk rumah komersial seperti juga gedung-gedung bertingkat yang tinggi, juga keselamatan kerja harus diutamakan karena bekerja diketinggian.
Untuk perumahan biasa mungkin banyak pemilik rumah yang hanya menggunakan keahlian tukang biasa terutama yang pernah mengerjakan pengerjaan atap dan hasilnya memuaskan.
Apalagi saat ini yang paling populer atap baja ringan dan semakin luas pemakaiannya. Sebahgai contoh harga atap baja ringan di Jakarta bisa menjadi acuan harga atap baja ringan di daerah dengan membandingkan harga masing-masing kota terutama di tempat kota anda berada.

Jika memilih kontraktor dalam skala besar tentu sudah berada dalam naungan perusahaan besar dan tentu saja pekerjaan merekapun dalam jumlah besar. Apalagi mereka menggunakan subkontraktor tentu pekerjaan mereka akan jauh lebih mahal.
Untuk perumahan anda bisa saja mendapat referensi dari teman, tetangga yang telah melihat hasil pekerjaan mereka.
Kontraktor baja ringan untuk perumahan biasanya juga telah disediakan satu paket dengan bahan material kerangka atap baja ringan plus genteng atau atap yang akan digunakan sehingga anda tidak usah lagi repot mencari tukang atau kontraktor untuk pengerjaannya.

Bagi anda yang akan mengerjakan tukang dalam pemasangan atap maka anda juga harus perhitungkan dalam perawatan juga. Jika ada masalah dalam jangka waktu tertentu anda juga tidak harus repot dalam perbaikan dan pemasangan yang baru.
Pekerjaan dari kontraktor atau jasa tukang adalah mengestimasi biaya dan jumlah bahan yang akan diperlukan dalam perbaikan, renovasi atau anda sedang membangun rumah. Selain itu lamanya mereka dalam mengerjakan pekerjaan mereka itu.
Bagaimanapun juga atap adalah bagian integral dri suatu rumah dan investasi yang anda keluarkan besar. Tentu anda tidak ingin kecewa jika hasil kerjaan kontraktor atau tukang dalam mengerjakan atap anda.

No comments:

Post a Comment