Atap seng yang masih banyak digunakan

Atap seng
Atap seng masih banyak digunakan sampai sekarang dengan kekurangan dan kelebihannya


Dengan harga yang relatif murah atap seng untuk saat ini masih banyak digunakan terutama untuk bangunan-bangunan tertentu seperti gudang, garasi dsb. Dan untuk rumah juga masih banyak digunakan terutama di pedesaan, walaupun bahan untuk atap banyak jenisnya tapi seng masih banyak yang menggunakan.



Atap sudah lama digunakan sejak abad ke 18. Dengan perkembangan teknologi bahan terutama untuk atap maka penggunaan seng terus berkurang, walaupun demikian penggunaan seng masih tetap sampai sekarang walaupun penggunaan tertentu di perumahan dan juga kalau penggunaan di pabrik dilapisi lagi dengan glasswool dan aluminium foil dibawahnya agar panas dari matahari tidak masuk ke dalam ruang dibawahnya.

Atap seng bisa dikatakan atap tahan korosi. Atap seng didapat di toko-toko bangunan di sekitar anda. Atap seng umumnya banyak menggunakan campuran dari seng dan aluminium. dan bahan ini disebut dengan zincalum. Dimana aluminium sebagai pelapis untuk melindungi dari karat. Jika sebelum dipasang di cat terlebih dahulu maka ketahanan terhadap karat semakin baik dalam ketahanan terhadap karat.

Asam adalah sumber utama dari berkaratnya seng. Untuk daerah yuang keasamannya tinggi seperti pabrik pabrik kimia menghindari atap yang terbuat dari seng. Kalau pun mereka gunakan akan dicat terlebih dahulu.

Atap seng gelombang seperti ini semakin banyak penggunaannya terutama untuk atap pabrik dan pergudangan dan sebagian untuk perumahan karena gampang dalam pemasangan dan juga harganya relatif murah tergantung kepada ketebalan dari material.

Kelemahan utama dari atap seng adalah cukup berisik jika hujan turun. Untuk penggunaan di pabrik pemakaian isolasi dengan glasswool dan aluminium foil sangat membantu untuk meredam bunyi.



Untuk atap seng kombinasi yang umum dipakai adalah dengan rangka atap kayu. Kombinasi pemasangan seperti ini bisa dikatakan sangat sederhana. Penggunaan seperti ini biasanya untuk garasi disamping rumah, gudang dan sebagainya.

Penggunaan dengan bahan sering dilakukan dengan waterproofing yang gunanya agar tidak mudah bocor. Selain atap hal yang sama juga diterapkan pada nok, dan talang karena atap seng mudah bocor karena pertemuan bidang bidang atap tersebut.

Kelebihan dan kekurangan dari atap seng tersebut, tergantung bagaimana penggunaan nya dalam bangunan.Jadi untuk bangunan-bangunan tertentu bisa digunakan dimana kelemahannya bisa dikurangi dengan menambah bahan lain seperti glasswool dan aluminium foil jika digunakan seperti atap pabrik

Atap seng diperkirakan tahan antara 20 sampai 30 tahun tapi sangat tergantung kepada bagaimana perawatannya. jika pengecatan dilakukan secara berkala mungkin bisa maksimum tahun sampai 20 tahun.


No comments:

Post a Comment