Berbagai pilihan yang ditawarkan

Pemilihan atap saat ini sangat banyak ragamnya baik jenis maupun bahan yang semakin bervariasi sesuai dengan perkembangan teknologi pembuatan atap saat ini. Bahan yang paling umum dipakai seperti genteng keramik semakin populer dan atap seng sudah semkin jarang pemakaiannya. Genteng metal adalah salah satu contoh bagaimana atap tersebut dengan berbagai cara telah dikembangkan agar atap itu kuat, tahan lama, harga yang makin kompetitif dan terutama mudah dalam pemasangannya.



Untuk pemilihan atap yang tepat juga yang perlu anda pertimbangkan keadaan cuaca untuk daerah anda. Untuk daerah yang sering diterpa angin yang kencang serta kelembaban yang tinggi tidaklah cocok untuk menggunakan atap yang terbuat dari seng karena akan mudah tertiup angin dan proses karat pada seng tersebut. Mungkin yang paling tepat adalah genteng keramik.

Ketebalan bahan atap juga sangat diperlukan dalam pemilihan bahan atap. Anda jangan terpukau dengan harga murah yang ditawarkan di toko-toko bangunan. Kualitas selalu berbanding dengan harga. Ketebalan juga sering menipu artinya masuk dalam toleransi. Sebagai contoh untuk atap galvalum jika anda minta dengan ketebalan 0.8 mm sebenarnya ketepatan ukuran adalah 0.7 mm atau 0.72, 0,73 dst. Artinya istilah yang dipakai tidak tepat dengan ukuran tersebut. Begitu juga jika anda minta ketebalan 1 mm yang diberikan adalah 0.9 mm lebih sedikit.
Sangat diperlukan ketelitian ketebalan yang sebenarnya anda perlukan.

Sudahkah setiap produk atap yang anda beli akan memberikan garansi?. Bukan hanya dalam bahan tetapi juga dalam pemasangan. Banyak penjual memberikan layanan harga bahan atap termasuk ongkos pemasangan dalam satu paket. Anda juga harus teliti terutama dalam harga karena persoalannya apakah harga lebih murah membeli material dan ongkos tukang secara terpisah, apalagi anda sudah punya langganan tukang yang sudah kenal betul kualitas kerjanya.

Setiap pemilik rumah, pemborong, kontraktor dan sebagainya selalu hitung-hitungan masalah harga. Apalagi harga bahan material selalu berfluktuatif sehingga perhitungan harus teliti agar tidak rugi apalagi bagi kontraktor yang mengerjakan pekerjaan seperti membangun rumah, atau membangun/merenovasi atap rumah.

Suatu hal lagi yang perlu anda pertimbangkan selain atap adalah kerangka atap itu sendiri. Artinya bahan yang akan digunakan untuk menopang atap. kalau dahulu sangat populer dengan menggunakan bahan yang terbuat dari kayu, maka saat ini adalah kerangka atap baja ringan yang juga telah diproduksi secara massal dan berbagai keuntungan seperti lebih kuat, tahan karat dan juga tahan lama serta harga yang bersaing dengan bahan yang terbuat dari kayu. Baca juga Mengapa harus memakai atap baja ringan.



Bagimanapun juga jenis atap serta kerangka yang anda pilih haruslah terpasang dengan baik. Sebaik apapun bahannya kalau tidak terpasang dengan baik akan menjadi masalah dikemudian hari seperti kebocoran. Kecuali jika anda memasang sendiri, pemilihan kontraktor atau tukang yang berpengalaman sangatlah penting untuk mengerjakan pekerjaan memasang atau merenovasi atap.
Kekecewaan bagi pemilik rumah sering terjadi karena tukang yang kurang berkualitas. Apalagi kebanyakan tukang hanya mengejar target yang mereka kerjakan, begitu selesai pembayaran mereka tidak mau bertanggung jawab jika terjadi masalah seperti kebocoran.

Perlu anda ketahui pemeliharaan atap juga sangat diperlukan. Atap secara berkala perlu diperiksa apalagi atap yang sudah tua. Kerusakan atau pergeseran atap sering terjadi sehingga mengakibatkan kebocoran kecuali jenis atap beton, semuanya perlu pemeliharaan. Biasanya pemilik rumah memperbaiki kebocoran setelah hujan. Kemudian mereka sangat repot untuk perbaikan. Sebaiknya pemeliharaan dan perbaikan sebelum musim hujan tiba.

No comments:

Post a Comment